rahman

Belajar Mengenal Bagian – Bagian Photoshop

Belajar Mengenal Bagian – Bagian Photoshop

Sebelum kita memasuki bagian tutorial awal sebaiknya kita belajar mengenal beberapa fitur terlebih dahulu yang sudah di sediakan oleh PhotoShop, dengan pelajaran ini kamu akan lebih banyak mengenal bagian – bagian PhotoShop dan saya juga bisa lebih mahir lagi menggunakan PhotoShop, saya harap teman – teman tidak menemukan masalah di tutorial yang saya buat ini, langkah pertama biasanya adalah teman – teman harus mengembangkan kemampuan bermain dengan PhotoSop dan dengan mencoba bentuk – bentuk real seperti  imaginasi, mengolah image dan maupun untuk keperluan teman – teman sendiri.

Smart Filter (Non Destructive Filters)

Fitur ini mampu mengkoreksi kesalahan berupa penghapusan semacam filter juga dimana yang sudah di terapkan pada semacam objek dengan cara menghapus objek tersebut.

Smart Filter


Fitur ini menjadi fitur yang sangat benar-benar bagus setelah kehadiran Photoshop 16 tahun silam. Tapi, filter yang berasal dari pihak ketiga (perusahaan di luar Adobe) ini belum mendukung fitur non destructive ini. Untuk menggunakan Smart Kamu harus mengubah layer menjadi Smart Object. Hal ini merupakan hal yang dapat Kamu lakukan dengan mudah, yaitu dengan mengarahkan mouse Kamu pada layer dan klik, lalu pilih Convert to Smart object dari menu.

Smart Filter

Seleksi dengan Quick Selection Tool

Tool berada pada tempat yang sama dengan Magic Wand Tool pada toolbox. Dengan Tool ini, Kamu dapat melakukan seleksi dengan cepat dan hasil yang lebih baik daripada Magic Wand Tool. Pilih Tool ini, lalu lakukan klik dan drag untuk menyeleksi area pada gambar Kamu. Klik pada area lain untuk menggabungkan seleksi. Tekan tombol Alt/Option sambil melakukan klik, Kamu akan mendapatkan hasil seleksi yang lebih halus.

Quick Selection Tool

Opsi Pelengkap Seleksi dengan Refine Edge

Fitur ini dapat Kamu akses melalui toolbar dan muncul secara otomatis ketika Kamu menyeleksi salah satu Selection To ol pada toolbox.

Refine Edge

Fitur Refine Edge dapat Kamu gunakan untuk menghasilkan seleksi yang lebih halus pada semua sisi dan mengurangi terjadinya efek noktah pada proses setelah seleksi.

Pengaturan Posisi dengan Auto-Align Layers

Fitur ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menggabungkan objek. Dengan teknologi barunya, Photoshop menganalisis semua sisi objek dan mengatur posisi satu objek pada layer terhadap objek lain pada layer yang berbeda.

Auto-Align Layers

Fitur ini memiliki kemampuan untuk menggabungkan sisi dua objek sehalus mungkin. Ada beberapa metode proyeksi yang dapat Kamu pilih, yaitu Auto, Perspective, Cylindrical dan Reposition Only. Fitur penggabungan objek gambar, yaitu PhotoMerge masih tersedia jika Kamu ingin mengautomasi proses penggabungan. Fitur ini dapat Kamu akses dengan menekan menu File> Automate> Photomerge.

Auto-Blend Layers

Fitur lain yang mendekati kemampuan Auto-Align Layers adalah Auto Blend Layers. Perintah ini merupakan salah satu fitur yang dapat menggabungkan beberapa gambar dengan halus.

Fitur ini dapat Kamu akses melalui menu Edit> Auto-blend Layer.

Auto-Blend Layers

Ketika Kamu selesai menjalankan perintah Auto-Blend, maka Layer Masks akan terbentuk untuk mengatur penggabungan objek gambar yang halus, sama seperti ketika Kamu melakukan pengaturan Layer secara manual.

Penambahan Kotak Dialog pada Fitur Black & White Adjustment

Fitur black & white Adjusment adalah fitur yang sangat berguna untuk mendapatkan hasil gambar hitam putih yang lebih baik. Dengan adanya kotak dialog, Kamu memi¬liki keleluasaan untuk melakukan pengaturan yang tidak tersedia pada Photoshop versi sebelumnya.

Kotak dialog Black and White Adjustment adalah fitur yang mengizinkan Kamu untuk melakukan pengaturan berdasarkan informasi yang ada pada nilai RGB, (Red, Green, Blue) pada gambar Kamu. Kamu juga dapat melakukan kontrol berdasarkan nilai CMY (Cyan, Magenta, Yellow).

Black & White Adjustment

Kamu dapat mengatur slider-slider yang tersedia untuk mendapatkan gambar hitam putih sesuai dengan keinginan Kamu. Berbeda dengan versi sebelumnya, Kamu tidak dapat melakukan pengaturan apa pun untuk mendapatkan gambar hitam putih. Kamu juga dapat membuat sebuah gambar monochrome dengan menerapkan sebuah warna pada gambar hitam putih Kamu hanya dengan memberikan pilihan pada kotak Tint.

Kotak Dialog Curves Yang Berbeda

Curves

Pada Photoshop, histogram ditambahkan dengan fungsi yang menyerupai Camera Raw pada Photoshop CS2. Channels Overlays menampilkan perubahan yang terjadi pada tiap channel.

Pengaturan pada Brightness/Contrast Adjustment

Brightness

Photoshop juga memberikan peningkatan pada fitur ini dengan memberikan tambahan opsi Use Legacy yang tidak tersedia pada versi sebelumnya.

Opsi Tambahan untuk Clone Stamp Tool

Sekarang done stamp dapat menampilkan contoh sumber untuk cloning. Dengan penambahan ini, akan lebih mudah bagi Kamu untuk menentukan sumber yang akan digunakan untuk melakukan clone. Tekan tombol Alt untuk melihat salah satu overlay (lapisan gambar pada dokumen) atau memilih salah satu overlay dari palette Clone Source. Pada palette tersebut, Kamu dapat membuat lima sampel dari sumber yang berbeda, baik dari dokumen yang sama maupun dari beberapa dokumen lain.

Clone Stamp Tool

Penambahan Sample Sizes pada Eyedropper Tool

Ukuran sampel pada Photoshop CS versi lama dirasakan kurang (hanya ada pilihan ukuran 33 dan 5 x 5). Pada versi baru ini, Kamu dapat menggunakan sampel dengan ukuran 11 x 11, 31x31,51x51 dan 101 x 101, yang memungkinkan Kamu untuk mendapatkan sampel warna dari area sampel yang luas.

Penambahan Opsi untuk Membuka File PDF

Fitur yang lain adalah opsi tambahan untuk membuka file PDF. Kamu juga dapat memilih ukuran dan resolusi dokumen sebelum membuka file PDF pada Photoshop CS4.

Kotak Dialog Print yang Lebih Canggih

Kotak Dialog Print lebih canggih dan mengalami banyak, peningkatan. Yang paling terlihat adalah adanya preview untuk melakukan pengaturan warna. Peningkatan tersebut akan menghasilkan akurasi warna cetak yang lebih baik. Tetapi tidak menghilangkan opsi Print with Preview yang telah ada sebelumnya.
Print Di Photoshop


Pada kotak dialog versi baru ini, Kamu dapat mengubah arah kertas, memilih printer yang berbeda, dan mengatur jumlah hasil cetak.


Previous
Next Post »

Top Artikel Minggu InI